persaingan BB dan android

Gadget. Yaa kita semua tidak terlepas dari benda tersebut. Semua yang berhubungan dengan teknologi akan dibutuhkan. Saat ini banyak teknologi baru yang bermunculan. Yang sedang marak saat ini adalah smartphone yang sudah tidak asing bagi kita. Contohnya saja “Blackberry” keluaran RIM (Research In Motion) dan “Android” oleh Google. Keduanya sedang bersaing dalam mengembangkan aplikasi dan OS yang digunakan.
Siapa yang tidak kenal dengan BB –sebutan utk Blackberry-? Anak SD saja mungkin tidak asing lagi. Di Indonesia BB sedang booming, sehingga sudah sangat banyak penggunanya. Namun, belakangan ini Android juga sedang dalam proses untuk menyebar luaskan jangkauannya seperti BB.
Banyak sekali yang bertanya, bagus mana BB atau Android? Keduanya akan bermanfa’at sesuai dengan kebutuhan. Pengguna BB mungkin adalah mereka yang suka dengan jejaring sosial. Sedangkan Android lebih menyediakan aplikasi gratis melebihi BB dan untuk games, ia unggul. Android sendiri berbasiskan Linux dan merupakan aplikasi Open Source. BB digunakan lebih untuk fashion atau gengsi. Karena dalam aplikasi BB ada BBM (Blackberry Messenger).
Daripada bingung kalo mau beli handphone BB atau Android, yuk mending dilihat deh apa-apa aja kelebihan dan kekurangan pada dua smartphone tersebut.
Keunggulan Android :

Multi-Tasking

Android mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang tidak terbatas, baik aplikasi-aplikasi yang berasal dari bawaan sistem atau tambahan dari Android Market. Mendengar musik sambil browsing dan menerima notifikasi dapat dilakukan dengan mudah.

Home Screen Informatif

Konsep home screen pada Android seperti Windows Mobile di mana segala notifikasi dapat dipantau dari home screen. Namun, Android juga menyediakan tempat bagi widget-widget notifikasi lain untuk berada di home screen. Cara ini memudahkan akses info cepat ketimbang home screen di BB.

Pilihan Peranti Banyak

Vendor pendukung sistem operasi ini memang banyak. Jadi pilihan perangkat yang bisa kamu pilih beragam dan harganya pun bervariasi.

Bebas Memodifikasi Sistem

Android mengijinkan kamu untuk melakukan jailbreaking untuk memodifikasi sistem. Selain itu juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem.

Setting yang Mudah

Sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. Pengesetan ponsel berbasis OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktivitas pribadi bisa dengan mudah dilakukan. Pengesetan ini bisa dilakukan langsung dengan bantuan widget pada home screen.
Kelemahan Android :

Koneksi Internet yang terus menerus

Ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan (terus menerus aktif). Koneksi internet GPRS selalu aktif setiap waktu.

Iklan

Aplikasi di ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut akan selalu ada iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi.
Keunggulan Blackberry :

Daya tahan baterei

Baterei BB mempunyai dayatahan secara umum yang relatif lebih panjang secara konsisten.

Kuat, kebal

BB juga secara konsisten lebih tahan banting.

Menyimpan Data dengan Baik

Coba keluarkan batere BB-nya selama seminggu dan pasang kembali, semua data tante/om akan masih tetap ada. Semua dituliskan dan disimpan ke flash ROM setiap saat, bahkan ‘draft’ dari email anda.

‘Software’ e-mail

Email di BB jauh sangat unggul dibandingkan dengan ‘software’2 email lainnya yang juga di’push’ secara nirkabel.

Selalu ‘ON’ tidak perlu ‘konek dulu’

BB sangat mirip dengan koneksi nirkabel/DSL. Selalu ada dan siap, tidak perlu di’sambung’ (konek) dahulu. Mungkin tidak secepat koneksi darat/DSL, tetapi selalu ‘nyambung’.

Bebas Konfigurasi

Bebas kekhawatiran untuk harus melakukan konfigurasi email ketika melakukan ‘reset’ seperti ada di beberapa smart-HH lainnya. Tidak perlu khawatir apakah email kita berjalan atau tidak karena adanya ‘crash’. Software RIM memastikan bahwa email akan berjalan setiap waktu dengan tidak memungkinkan secara tidak sengaja kita exit/’keluar’ dari software email tersebut.

Tidak perlu tombol POWER/ON

BB menggunakan tenaga relatif lebih kecil, sehingga bisa di’geletak’-kan begitu saja. BB bisa di’off’kan secara elektronis melalui menu, seperti pada saat kita berada didalam pesawat terbang.
Kelemahan Blackberry :

Tampilan web versi mobile seperti di tahun 90-an. Juga lambatnya browser yang digunakan.

Touchscreen, Storm keluaran BB yang menggunakan touchscreen menjadi lebih lambat dibandingkan dengan keyboard fisik. Hingga akhirnya mengeluarkan Storm 2 dengan touchscreen yang baru.

App. Store, BB store hanya menyediakan 2.322 aplikasi. Jauh jika dibandingkan dengan smartphone lain. BB sendiri lebih digunakan oleh pebisnis.

Wi-Fi, untuk beberapa tipe BB sendiri aplikasi Wi-Fi tidak ada. Namun RIM mengeluarkan Essex yang disertai dengan adanya Wi-Fi.

Software Desktop, dapat berjalan dengan baik saat digunakan di PC untuk mentrasfer data, mendengarkan musik, dsb. Karena adanya proses yang bermasalah dengan setup file tersebut, maka RIM memerlukan perbaikan untuk BB seperti iTunes di iPhone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: