jembatan kukar

Jakarta – Polisi sudah menetapkan tiga tersangka kasus runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong, Kalimantan Timur. Ketiganya jadi tersangka karena lalai dalam menjalankan tugasnya.

“Sudah ada job desknya yang harus dilaksanakan, tapi ada beberapa hal yang tidak dilaksanakan,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution, di kantornya Jl Trunojoyo, Jakarta, Kamis (5/1/2012).

Tiga tersangka itu adalah pegawai Dinas PU Kabupaten Kukar YS dan HS, dan MSF selaku Manajer Proyek PT Bukaka Teknik Utama (BTU). Ketiganya ditahan sejak 4 Januari 2012.

Saud Usman tidak merinci kelalaian apa saja yang dilakukan oleh para tersangka. Yang jelas, menurut Saud, para tersangka tidak menjalankan tugas sesuai dengan job desknya.

“YS sebagai kuasa pemegang anggaran (KPA), di mana ada ketentuan dalam job deskrispinya yang tidak dia laksanakan, sebagai pejabat dia harus bertanggung jawab. Kemudian project manager dalam pemeliharan jembatan harus bertanggung jawab penuh, sudah job desknya yang harus dilaksanakan,tapi ada beberapa hal yang tidak dilaksankan sebagai job desknya,” paparnya.

Ketika ditanya job desk ketiga tersangka tersebut seperti apa, Saud tidak bisa menjelaskan karena kepolisian masih bekerja dalam proses penyidikan.

“Karena ini bagian dari proses penyidikan kita tunggu di persidangan. Karena kalau kita sampaikan sekarang tidak boleh itu,” jelasnya.

Mengenai dugaan unsur korupsi dalam kasus tersebut, menurut Saud saat ini pihaknya masih mendalami hal tersebut.

“Nanti dari penyidik kita ungkap keseluruhan apakah ada kasus tindakan lain atau tersangka lain. , Untuk kasus korupsi ditangani oleh Polda Kaltim,” kata Saud.

Jembatan Kukar runtuh menewaskan 24 orang dan belasan orang lainnya dinyatakan hilang. Peristiwa ini terjadi 26 November 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: